IMG-20230125-WA0061
Kabar Utama

Buaya di Tempat Wisata Akar Seribu Lepas dari Kandang, di Temukan Ditengah Sawah

JEPARA – Masyarakat Desa Plajan, Pakisaji, Rabu (25/1-2025) digegerkan dengan lepasnya buaya dari obyek wisata Akar Seribu yang terletak di wilayah RT 25 / RW 05. Namun tim BPBD dibantu relawan lain seperti Jepara Rescue (JRC), LA Rescue, juga komunitas radio Lembah Muria Rescue, berhasil menangkap buaya tersebut di sawah yang jaraknya sekitar 300 meter dari kandang penampungan.

Menurut Priyatin, pengelola obyek wisata Akar Seribu, lepasnya buaya tersebut karena Selasa malam curah hujan cukup tinggi hingga kolam tempat buaya tersebut dipelihara dipenuhi air. Juga bangunannya roboh hingga buaya keluar.

Buaya dengan panjang sekitar 5 meter dan berat 5 kwintal tersebut adalah milik BKSDA yang sejak tahun 2017 di pelihara di obyek wisata Akar Seribu, sekaligus untuk edkukasi pengunjung. “Sebenarnya di obyek tersebut ada 2 ekor buaya. Namun yang lepas hanya 1 ekor,. Sedangkan 1 ekor dipelihara di rumah” ujar Priyatin.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Jepara, Arwin Noor Isdiyanto yang dihubungi membenarkan lepasnya buaya tersebut. “Karena hujan tinggi dan saluran pembuangan tersumbat kotoran, air kemudian naik dan buaya kemudian lepas. Buaya ini sekitar 2 tahun yang lalu juga pernah lepas,” ujarnya. Direncanakan siang ini buaya tersebut akan dikirim ke BKSDA, tambahnya

Bang Yos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *