IMG-20220924-WA0179-ea37ea68
Kabar Utama

Galian – C Ilegal Merajalela, Alat Beratpun Diduga Menggunakan BBM Subsidi,Kemana Para Pemangku Kebijakan….?

96 Views

JEPARA – Maraknya aktivitas penambangan Liar tak memiliki izin tambang atau galian C ilegal terletak di Desa Damarjati, Kecamatan Kaliyamatan, Kabupaten Jepara, terkesan ada pembiaran oleh Oknum Kepala Desa setempat.

Aktivitas Penbangan galian tanah ilegal yang berdalih sebagai upaya mencetak sawah baru agar tanah bisa subur tapi di tambang dengan menggunakan alat ekskavator ini sepertinya tidak pernah mendapat teguran dari pemerintah Kabupaten Jepara dan instansi terkait lainnya.

Dari awak media yang tidak sengaja lewat di lokasi galian mencoba mencari kebenaran informasi dilokasi galian tetsebut, tim media justru malah bertemu dengan seseorang yang diduga mandor galian, tanpa disadari justru mengeluarkan ucapan malah menyuruh menutup kegiatan galian C tetsebut. Seseorang yang diduga mandor berkata pada awak media, kemaren sudah ada yang datang pak, dari polres, dari Koramil dari Polsek,” ujar mandor yang dilokasi galian C.

Padahal terlihat dilokasi bekas galian tersebut menimbulkan lubang lubang yang mengakibatkan genangan air seperti kolam raksasa dikarenakan tidak adanya upaya penutupan lubang bekas galian

Hal tersebut juga tak hanya berdampak terhadap lingkungan, akan tetapi bekas galian ilegal juga berdampak negative pada warga sekitar.

 

Kepala Desa mengaku secara terang terangan saat didatangi tim awak media di Kantor Balai Desa Damarjati,”galian itu sudah ada dan beraktifitas satu bulan yang lalu, supaya tanah supaya bisa dimanfaatkan petani” jelas petinggi damarjati.

Namun bekas galian dan kedalaman tanah malah semrawut, warga merasa terganggu akibat polusi debu dari kendaraan yang mengangkut tanah galian, sangat meresahkan khususnya warga yang melintas jalan Damarjati – Bayu putih Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara.

 

Tanah yang diangkut oleh truck dan tanpa petutup terval yang terjatuh dibadan jalan menimbulkan debu hingga menjadi polusi udara Polusi debu ini sangat berdampak terhadap kesehatan warga sekitar yang berpotensi menyebabkan(infeksi saluran pernafasan atas) seperti batuk, sesak, pilek bahkan dapat berakibat timbulnya penyakit paru paru.

Selain itu juga ceceran tanah dari dum truck menimbulkan resiko terjadi nya kecelakaan bagi yang melintas atau pengguna jalan apabila hujan berpotensi mengakibatkan jalanan licin,”pungkas petinggi.

Kinerja dir krimsus polda jateng perlu di evaluasi karna menjamurnya tambang ilegal dan mereka menggunakan BBM subsidi juga yg jelas D larang kapolri

 

 

 

 Badi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *