IMG-20220904-WA0068-f2dfa314
Kabar Utama

Marak Tambang Galian C di Duga Ilegal di Nalumsari, Pancur dan Keling Tak Berizin, Aparat Diminta Tindak Tegas 

JEPARA – Dugaan telah terjadi pembiaran penambangan ilegal Galian C yang marak disejumlah wilayah di Jepara oleh instansi terkait mengundang banyak kalangan masyarakat menyoroti. Pasalnya hingga saat ini masih saja penambangan ilegal tersebut beroperasi. Jika hal ini dibiarkan maka warga masyarakat disekitar penambangan tersebut dan lingkungan adalah korban pertama yang akan merasakan dampak dari penambangan liar tersebut. (19/8/2022). 

 

Terdapat sejumlah kasus diduga tambang ilegal galian c, beberapa lokasi di Kabupaten Jepara, seperti di Nalumsari ada Inisial Jm yang bertanggung jawab atas aktifitas penambangan, kemudian di Pancur ada inisial Rr yang bekerjasama dengan Jm. Selanjutnya di Keling ada Hs namun saat ini sedang tidak bekerja dan kemudian ada inisial Ns yang berdasarkan informasi bekerjasama dengan aparat berinisial Sr. Tambang-tambang tersebut yang dikelola oleh mereka diduga kuat tak memiliki izin alias ilegal.

 

Seorang warga yang tidak bersedia menyebutkan namanya mengatakan bahwa melakukan penambangan tanpa izin dari pihak yang ditentukan dalam undang-undang dan mangkir dari semua kewajiban yang ada merupakan tindak pidana.

“Aktifitas tambang tersebut disinyalir ada yang memback up dari yang diduga oknum aparat setempat. Dugaan itu sangat kuat lantaran maraknya aktifitas tambang tak berijin. Mereka (para pelaku) lebih condong rangkul oknum aparat dari pada mengurus izin,” ujarnya.

 

Banyak warga yang keluhkan hal tersebut termasuk warga sekitar lokasi penambangan, mereka berharap kepada pemerintah agar bertindak tegas karena sangat menggangu, ketika musim panas banyak sekali Dedi,dak kalau musim hujan ya tentu saja jalanan menjadi licin dan berlumpur

 

“Kami khawatirkan jika ini dibiarkan akan terjadi bencana banjir, longsor dan lainnya,” tutupnya .

 

(Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *