IMG-20221022-WA0115-b187fd07
Kabar Utama

Peringatan HSN, Edy Supriyanta Minta Santri Jepara Jadi Benteng Menjaga Toleransi dan Kebhinekaan

66 Views

JEPARA – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta meminta santri menjadi benteng dalam menjaga toleransi dan kebhinekaan di Jepara. Hal ini disampaikan oleh orang nomor satu di kota ukir itu usai mengikuti upacara Hari Santri Nasional (HSN) di Lapangan Pantai Bandengan, Sabtu (22/10/2022).

 

 

“Jepara ini termasuk kota santri karena banyak pesantren dan kyai di sini. Untuk itu momentum hari santri ini, para santri harus terus bersama-sama menjaga kerukunan dan toleransi. Termasuk semangat menjaga kebhinekaan,” kata Edy Supriyanta.

 

 

Dirinya mengatakan, keberadaan santri sudah memberi warna bagi bangsa Indonesia. Santri harus siap mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. 

 

 

“Meski dididik menjadi ahli agama, santri masa kini juga harus mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” lanjutnya.

 

 

Upacara Peringatan Hari Santri 2022 di Lapangan Bandengan, Jepara berlangsung meriah. Ribuan santri antusias mengikuti kegiatan ini. Usai upacara ditampilkan sejumlah atraksi mulai dari penampilan kesenian, mulai dari drumband, tari hingga drama kolosal. 

 

 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara khusus hadir dan menjadi inspektur upacara kali ini. Setidaknya ada tiga hal yang disampaikan Ganjar untuk para santri.

 

 

Diantaranya di dunia digital saat ini, para santri mesti melek teknologi. Santri juga harus mampu bertani secara mandiri. Sehingga santri mampu berkontribusi terhadap ketahanan dan kedaulatan pangan.

 

 

“Dan ketiga, santri inovatif serta santri kreatif yang bisa juga mencari solusi untuk memecahkan persoalan-persoalan lokal terhadap energi,” terang Ganjar.

 

Bang yos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *