IMG_20221109_204205-9d4768a6
Kabar Utama

Peringati Hari Pahlawan, Edy Supriyanta Kirab Nusantara Bersama Ribuan Warga

38 Views

JEPARA – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jepara melakulan Kirab Nusantara, Rabu (9/11/2022). Kirab nusantara ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Pahlawan yang diperingati tiap 10 November. Ribuan peserta mengikuti kirab ini dengan berjalan kaki dari halaman Masjid Astana Mantingan ke Pondok Pesantren Lembah Manah di Desa Langon Kecamatan Tahunan.

Kirab berlangsung meriah, beberapa gunungan berisi hasil bumi diarak dan para warga berjalan sejauh tiga kilometer. Kirab ini diikuti 2000 peserta terdiri dari pelajar, organisasi masyarakat, serta warga. Ada para pelajar yang membawa bendera merah putih dengan lebar 100 meter.

Orang nomor satu di Jepara itu menaiki kereta kuda bersama jajaran Forkopinda.

Edy Supriyanta mengungkapkan jika kirab ini menjadi aksi nyata perwujudan cinta tanah air dan cinta budaya nusantara. Ini juga menjadi momentum untuk menggelorakan kembali semangat persatuan dan kesatuan. Ia juga berterima kasih kepada para tamu yang hadir termasuk dari Solo dan Yogyakarta. “Ini jadi kali pertama jalan kaki kita ya, Semoga kita bisa terus jaga Jepara supaya baik dan kondusif,” kata Edy.

“Meskipun negara ini terdiri atas kemajemukan, kita harus tetap bersatu padu. Keberagaman ini merupakan anugrah tiada tara dari Allah, oleh karenanya harus terus dirawat  agar menjadi modal kekuatab bagi pembangunan bangsa,” imbuhnya.

Tali persatuan dan kesatuan, lanjutnya, yang telah dibangun dengan darah, doa dan air mata oleh para pejuang terdahulu jangan sampai terkoyak. “Maka mari kita menegaskan kembali kesepakatan menjadilan pancasila sebagai alat pemersatu bangsa,” tandasnya.

Acara kirab berlangsung lancar hingga akhir. Para warga juga asyik berebut tumpeng yang berada di Lapangan Pondok Pesantren Lembah Manah Langon. Sebelum sesi berebut, Forkopinda dan Habib yang hadir mengajak salawat bersama.

 

Bang Yos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *